Tips Praktis Merancang Desain Atap Carport

Inspirasi Griya – Bagaimana cara memilih atap carport yang sesuai dengan tampilan wajah rumah? Jawabannya tentu saja dengan mengikuti prinsip-prinsip keindahan. Dalam arsitektur, keindahan dapat dicapai melalui beberapa cara, antara lain dengan menampilkan keterpaduan, keseimbangan, proporsi yang sesuai, skala yang tepat, serta permainan pada ritme. Semuanya diolah dengan mengacu pada konsep desain yang jelas, sehingga keindahan akan tampil dengan sendirinya tanpa dibuat-buat. Oleh karena itu, akan sangat baik jika carport ditambahkan dengan mengikuti konsep desain rumah induk.

Panduan utama memilih atap carport adalah harus serasi dengan wajah rumah. Jika bermain-main dengan konsep dirasa terlalu abstrak, untuk mudahnya ikuti tips praktis berikut.

  1. Kenali tampilan gaya rumah

Untuk bisa menyelaraskan atap carport dengan gaya rumah, sebelumnya tentu saja harus lebih dulu “menangkap” gaya rumah induk. Mengetahui gaya rumah bisa dilakukan dengan mengamati “wajah” bagian depan rumah. Amati dengan saksama material apa yang dominan digunakan, bentuk-bentuk apa yang terlihat di sana, apakah ada pola-pola yang merupakan komposisi tertentu, dan apakah ada warna dominan ataukah menggunakan harmoni warna tertentu? Intinya, perhatikan dengan saksama elemen-elemen desain yang paling mudah ditemui, yaitu elemen bentuk, material, dan warna.

  1. Putuskan salah satu elemen yang akan dimunculkan

Trik mudah menambahkan carport tanpa merusak wajah rumah adalah dengan melakukan pengulangan pada elemen-elemen desain yang ada. Jika bingung harus mulai dari mana, sebaiknya pilih dulu satu elemen desain yang akan dimunculkan. Selain untuk memudahkan dalam mengambil keputusan, memilih satu elemen untuk ditonjolkan akan menghindari tampilan akhir yang terlalu “ramai” karena terlalu banyak elemen yang diolah pada saat yang sama.  Pada penyelesaian nantinya, bisa jadi dua atau tiga elemen desain akan muncul sebagai pengulangan pada carport. Misalnya pada rumah bertema kotak-kotak geometris yang tampilannya menonjolkan bentuk kotak, ulangi bentuk geometris dengan menggunakan bentuk atap datar untuk memperkuat tema yang ditampilkan. Pada penyelesaiannya nanti, bisa ditambahkan material dan warna yang sama dengan rumah induk.

  1. Pahami struktur yang tepat untuk bentuk carport yang dipilih

Setiap pilihan bentuk akan membawa konsekuensi terhadap konstruksi yang mendukungnya. Pilihan tersebut terkait dengan penggunaan material rangka dan penutup atap serta elemen struktural lainnya. Oleh karenanya, pemahaman dasar terhadap sistem struktur yang benar untuk bentuk yang akan dipilih harus diketahui.

  1. Pilih material yang cocok

Selain pertimbangan estetis untuk menghasilkan tampilan yang indah, pemi­lihan material juga menyangkut pertimbangan struktural. Beberapa sistem struktur tertentu hanya bisa menghasilkan bentuk-bentuk yang terbatas. Bentuk yang terbatas ini bisa jadi menghasilkan pilihan material yang terbatas pula. Misalnya pada pi­lihan bentuk atap membran, tentunya akan dipilih bahan sejenis kain yang mempunyai daya regang tinggi untuk kemudahan pemasangan strukturnya yang berupa struktur tarik. Atau, untuk pilihan atap datar, konsekuensinya adalah tidak menggunakan material penutup atap genteng.

  1. Berani berkreativitas

Beranilah berkreativitas! Sedikit bermain dengan bagian kecil dari elemen desain akan menghasilkan tampilan cantik pada carport maupun rumah, bahkan mungkin tampilan indah yang tak disangka-sangka. Yang penting, tetap berpedoman pada prinsip-prinsip keindahan dan keserasian.