Percantik Rumah dengan Kolam Minimalis

Inspirasi Griya – Menghadirkan air dalam hunian dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan membuat kolam renang, kolam ikan, pancuran, air terjun, dan sebagainya. Pada saat ini berbagai macam kolam dengan berbagai tujuan dapat dibangun dengan semakin mudah karena jasa pembuatan kolam dan taman sudah semakin menjamur.

Gemericik air yang turun menuju kolam menimbulkan suasana alami pedesaan yang menyegarkan. Betapa hebatnya bila suasana ini dihadirkan dalam hunian Anda. Kolam ikan juga dapat membuat tamu merasa lebih betah, apalagi jika dipadukan dengan suara gemericik air kolam.

Cara termudah untuk menghadirkan unsur air dapat dilakukan dengan sederhana, yaitu gentong dan wadah air yang menimbulkan suara gemericik menyegarkan di area rumah. Pancuran sederhana dihadirkan agar unsur air berbunyi sehingga membuat nyaman suasana.

Dinding pembatas kolam dapat digunakan batu kali sebagai penahan kemiringan tanah. Jika tanah bukan tanah urugan, dapat langsung ditanami rumput atau jenis lainnya sebagai tanaman penahan tanah. Sebaiknya bentuk kolam dipilih bentuk yang tidak formal karena hal ini akan memberi kesan alami.

Penataan jenis tanaman sebaiknya berkelompok di tepian kolam, misalnya kana air atau Thalia dealbata, Cyperus papyrus, pisang air, atau giant arum, waterlili, dan lain-lain. Tanaman yang tumbuh di tengah air banyak jenis tanaman tersebut, misalnya royal water atau victoria amazonia dan teratai. Kesemua jenis mempunyai keindahan yang khas. Oleh karena itu, penempatan tanamannya perlu perhatian khusus agar tidak saling menutupi. Sebagai media tumbuh dapat dipakai tanah yang sudah menjadi lumpur. Sementara aliran kolam sebaiknya tidak terlalu deras.

Pemeliharaan yang baik merupakan tuntutan utama. Seperti halnya tanaman lain, tanaman air pun perlu pemupukan berkala. Dalam hal ini dapat dipakai pupuk NPK. Larutan pupuk tersebut disebar merata di sekitar taman air.