Mudah & Cepat Menata Rak Buku di Rumah

Inspirasi Griya – Memiliki koleksi buku lengkap dan bermutu tentu menjadi obsesi tersendiri bagi si kutu buku atau “penyuka” buku. Tak jarang, rumah pun “disulap” layaknya perpustakaan mini. Sebisa mungkin buku-buku disimpan rapi, disesuaikan dengan tema atau serinya, dan juga dirawat agar tidak rusak. Nah, masalah utamanya adalah bagaimana cara agar rak tetap rapi dan buku-buku terawat? Jangan khawatir, berikut ini tips mudah menata dan merawat buku agar perpustakan terlihat rapi dan eye catching.

Jangan disimpan di kotak kardus

Kotak kardus mengandung asam (acid). Asam dari kotak kardus itu dapat pindah ke buku, sehingga buku bisa berubah warna jadi kekuning-kuningan.

Beri lapisan pada rak kayu

Jika rak buku terbuat dari kayu, pastikan rak tersebut cukup kukuh. Tujuannya agar rak mampu menahan berat buku-buku untuk jangka waktu lama. Pastikan juga bahwa kayunya diberi lapisan. Kayu yang tidak berlapis dapat mengeluarkan uap asam yang membahayakan.

Beri jarak dari lantai

Perhatikan level paling bawah rak buku. Antara lantai dan rak buku paling bawah harus berjarak beberapa sentimeter di atas lantai, agar terhindar dari genangan air.

Jangan tempelkan rak dengan dinding

Rak buku sebaiknya tidak langsung menempel ke dinding yang bersebelahan dengan bagian luar rumah. Berilah jarak beberapa sentimeter antara rak dengan dinding, agar tidak terganggu oleh suhu dan kelembapan ruangan luar yang bisa berubah-ubah dengan cepat.

Perhatikan suhu dan kelembapan ruang

Ruang tempat menyimpan buku sebaiknya tidak terlalu lembap dan tidak terlalu panas. Suhu dan kelembapan yang terlalu tinggi bisa memunculkan reaksi asam yang akan membuat kertas menjadi busuk. Suhu sekitar 20oC dan kelembapan sekitar 50% dianggap sebagai lingkungan yang ideal untuk buku.

Letakkan dalam posisi berdiri

Buku memang dirancang untuk diletakkan dalam posisi berdiri. Jangan pernah meletakkan buku dengan posisi punggungnya menghadap atas. Dengan posisi seperti itu, tekanan gravitasi akan membuat kerapatan bagian ujung-ujung jilid buku menjadi kendur, bahkan kertas-kertas buku bisa lepas dari jilidnya.

Jangan ditumpuk berlebihan

Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan adalah menumpuk buku di atas buku-buku lain. Kelihatannya praktis dan baik-baik saja. Akan tetapi, sebetulnya kebiasaan itu bisa merusak buku. Beban buku yang berada di atas  akan menekan buku di bawahnya sehingga jilid buku mudah lepas.

Dikelompokan

Selain ditata berdasarkan topiknya, koleksi buku sebaiknya ditata berdasarkan ukurannya. Kelompokkan buku-buku tersebut berdasarkan tingginya. Jika ada buku pendek diapit oleh buku yang lebih tinggi maka buku-buku yang lebih tinggi itu akan cepat rusak. Terlebih kalau deretan buku itu cukup padat dan ketat, bagian punggung buku yang lebih tinggi akan bengkok-bengkok.

Sediakan bookend

Gunakan pengapit buku (bookend) bila buku yang dijajarkan terlalu longgar atau barisan buku di rak belum penuh.

Setelah membaca artikel ini, yuk kita terapkan di rumah. Semoga perpustakaan mini dapat menjadi tempat favorit berkumpul bersama keluarga di rumah. Selamat mencoba…! (Dewa/02/10/18)