Inilah Ragam dan Karakter Taman Minimalis

Inspirasi Griya – Hadirnya konsep minimalis yang  dimulai dari bentuk bangunan rumah, interior, dan taman memberikan solusi terhadap desain taman. Saat ini lahan yang tersisa untuk dijadikan taman pada halaman rumah sangat terbatas. Oleh karena itu, karakter taman minimalis memberikan pengaruh yang baik terhadap penataan taman di lahan yang sempit.  Ini dikarenakan prinsip taman sebagai ground floor dapat memberi kesan luas dan lebar terhadap visualisasi lahan.

Taman dengan konsep minimalis ini berfungsi sebagai pendukung terhadap penampilan arsitektur bangunannya. Taman merupakan elemen pelengkap untuk menonjolkan karakter bangunan. Selain itu, tanaman berfungsi sebagai elemen dekoratif bangunan sehingga kesan yang muncul antara bangunan dan taman dapat tampil serasi. Adanya taman pada rumah minimalis yang kaku dapat memperlunak penampilan bangunan yang bersifat keras. Karakter tanaman yang dimiliki adalah tanaman tidak tumbuh liar (wield). Tanaman harus memiliki kejelasan dalam bentuk, seperti tidak terlalu banyak daun, memiliki cabang yang kuat, dan berkarakter eksotis.

Biasanya taman dengan karakter ini cenderung menggunakan jenis tanaman yang sama dalam jumlah  masal atau satu sampai dengan dua tanaman. Tanaman tersebut ditempatkan di atas hamparan rumput hijau atau batu koral mulai dari warna hitam dan putih serta pasir sebagai ground cover. Hal ini menjadi salah satu ciri dari taman ini.

Tanaman ditempatkan pada pot-pot dengan bentuk yang sederhana. Penggunaan aksen pada tanaman dan elemen keras (hard scape) melalui warna di antara warna yang lembut seperti putih, abu, atau krem (natural) menambah eye catcher. Penggunaan elemen air dengan penataan kolam yang simpel atau dengan dinding yang dialiri air terjun pada taman memberikan kesan yang lebih alami, sejuk, dan menenangkan.

Taman minimalis hadir dalam wujud garis-garis vertikal dan horisontal yang bersih, bentuk-bentuk yang murni dan polos, berkarakter, dan berkualitas. Taman minimalis menghadirkan keheningan dan kesegaran untuk bermeditasi dan berelaksasi. Pencerahan melalui terapi psikis dan fisik penghuni dapat melalui taman yang dimilikinya.

Taman minimalis memiliki ragam yang dapat dikembangkan berdasarkan jenis tanaman dan tema taman, di antaranya sebagai berikut.

  • Taman aromatik, yaitu taman yang memiliki elemen lunak (soft scape) berupa tanaman berbau wangi.
  • Taman apotek hidup, yaitu taman yang memiliki elemen lunak (soft scape) berupa tanaman obat.
  • Taman air, yaitu taman yang memiliki elemen lunak (soft scape) berupa tanaman air serta elemen air seperti kolam dan air terjun.
  • Taman rempah, yaitu taman yang memiliki elemen lunak (soft scape) berupa tanaman untuk kebutuhan memasak.