Inilah 3 Tips Seputar Taman dan Halaman Rumah

Taman dan lingkungan merupakan areal penyejuk bagi sebuah rumah. Selain itu, lingkungan taman juga merupakan filter bagi udara yang masuk ke dalam rumah. Berkembangnya gaya hidup back to nature membuat keberadaan taman sangat ditunggu oleh penghuni rumah. Ekosistem taman yang berupa tanaman, serangga, kolam beserta hewan air, dan warna-warni jenis bunga sering menimbulkan beberapa masalah. Apalagi jika lingkungan di sekitar rumah kurang mendukung. Pada bab ini disajikan tips seputar permasalahan yang biasa muncul di taman rumah dan lingkungan sekitarnya.

      1. Mendekorasi Taman Sendiri
        Hal yang harus diperhatikan dalam membuat taman adalah mengetahui jenis dan karakteristik tanaman yang akan ditanam. Jangan memilih tanaman hanya karena warna atau keindahan semata. Anda harus mengetahui cara merawatnya, kebutuhan air, dan pupuk. Tanaman yang akan jadi bagian dari sebuah taman hendaknya sesuai dengan lingkungan aslinya. Jangan memilih tanaman dataran tinggi untuk ditanam di taman yang berada di dataran rendah. Selain mengurangi kualitas tampilannya, pertumbuhannya pun kurang maksimal.
      2. Mencegah Hewan Liar Memasuki Kolam
        Posisi perumahan berada dekat dengan sungai, danau, sawah, atau tanah kosong bisa jadi menyebabkan hewan-hewan seperti ular, kelabang, dan kaki seribu, dengan mudah singgah di rumah Anda.  Biasanya binatang-binatang melata tersebut mencari tempat yang lembap, seperti kamar mandi atau kolam. Jika Anda memiliki kolam di taman lakukan pencegahan dengan memasang ijuk melingkar di tepi kolam. Untuk menutupi penampilan ijuk yang jelek, tanamilah dengan tanaman hias jenis perdu berdaun lebat.
      3. Hilangkan Rumput Liar
        Rumput liar dapat tumbuh di berbagai tempat. Penyebarannya dapat melalui angin, hewan, air, dan lain-lain. Kehadirannya dapat membuat tampilan taman atau halaman rumah menjadi kurang “sedap” dipandang mata. Untuk membasmi rumput atau tanaman liar lain yang tumbuh di tempat yang tidak dikehendaki (terutama di dalam pot), dapat dilakukan dengan cara yang sangat sederhana.Ambil garam halus secukupnya, kemudian taburkan ke tempat yang dikehendaki. Lakukan secara berulang. Rumput liar pun akan mati dan tidak tumbuh kembali.